Tag Archives: msd blaster ss

DIY MSD Blaster SS

Dapet dari website luar, nih bagus buat loe2 yang mau pasang koil luar sendiri.
http://importnut.net/msdcoil.htm

Gue tambahin juga hasil kerja gw yah semoga banyak gunanya buat yang butuh, yang ga butuh boleh liat2 juga kok, monggo.

Distributor sebelom di acak2 gue gak ada gambarnya, maklum udah keburu dibongkar, jadi sebagian gambar gue ambil dari website luar itu. Bentuknya standar lah, tinggal buka baut tiga biji yang ke blok mesin dah langsung copot deh tu distributor. Oh iya baiknya di garis in dulu pake spidol atau kapur sehingga posisi timing tidak berubah pas masang kembali.


Ini tutup koil yg gue beli dari sponsor sini, bagus kok bikinannya.


Picture courtesy of importnut.net
Setelah distributor di telanjangin, kelihatan ada dua kabel ke internal coilnya, buka pake obeng plus, hati2 ya kebanyakan dudukannya sih sudah rapuh, punya gue sampe rusak.


Picture courtesy of importnut.net
Kalo di website luar ini kabelnya dipotong kalo gue gak dipotong (lihat dibawah).
Polarity is VERY important, jangan kebalik plus minusnya,kabel Hitam n Kuning = Plus.
Kabel Kuning n Hijau = Negatif.


Gue lebih memilih di tekuk salah satu terminal yang kotak, dan gue solder kabelnya ke terminal itu. Penting nih untuk di SOLDER karena setelah loe tempel di blok mesin ini banyak getaran dan harus kuat bener. Kemaren ini yang menyebabkan mogok2 karena kabelnya longgar.
Oh ya, satu lagi, pemilihan kabel juga penting, cari yang bagusan, gue punya simpanan dari taun 99 hehehe.


Terminal satunya gue solder juga.

Internal koilnya gue copot, lihat panah merah buka bautnya disitu, abis itu angkat aja kalo udah ga kepake, lumayan ngirit berat beberapa ratus gram 😀

Ujung satunya juga di solder biar aman, jangan lupa kasih tanda yang mana plus minusnya.


Dah beres, ini secara keseluruhan.


Jangan lupa di lakban, pake merk yang bagus 3M beli cuman 10 ribu kok.
Sialnya yang warna item abis jadi deh pake merah, hehehe.


Satu lagi juga di lakban, dan gue bikin coakan buat kabel lewat, lihat lingkaran merah.


Pake kabel ties biar kabelnya gak lari2, lihat lingkaran merah.


Pasang karet sealnya.


Pasang kembali tutupnya.


Pasang kembali rotornya, ada yang pake sekrup, kebetulan punya gue ga pake sekrup jadi hati2 buat yang pake sekrup, jangan sampe sekrupnya longgar n copot di dalem.


Tutup distributornya terpasang kembali.

Kalo boleh kasih sedikit saran, jika loe rasa distributor, CDI, koil loe udah loe rasa lemah, mending jangan pake konfigurasi spt ini karena umur komponen2 nya lebih cepet koit.