Tag Archives: egci

DIY MSD Blaster SS

Dapet dari website luar, nih bagus buat loe2 yang mau pasang koil luar sendiri.
http://importnut.net/msdcoil.htm

Gue tambahin juga hasil kerja gw yah semoga banyak gunanya buat yang butuh, yang ga butuh boleh liat2 juga kok, monggo.

Distributor sebelom di acak2 gue gak ada gambarnya, maklum udah keburu dibongkar, jadi sebagian gambar gue ambil dari website luar itu. Bentuknya standar lah, tinggal buka baut tiga biji yang ke blok mesin dah langsung copot deh tu distributor. Oh iya baiknya di garis in dulu pake spidol atau kapur sehingga posisi timing tidak berubah pas masang kembali.


Ini tutup koil yg gue beli dari sponsor sini, bagus kok bikinannya.


Picture courtesy of importnut.net
Setelah distributor di telanjangin, kelihatan ada dua kabel ke internal coilnya, buka pake obeng plus, hati2 ya kebanyakan dudukannya sih sudah rapuh, punya gue sampe rusak.


Picture courtesy of importnut.net
Kalo di website luar ini kabelnya dipotong kalo gue gak dipotong (lihat dibawah).
Polarity is VERY important, jangan kebalik plus minusnya,kabel Hitam n Kuning = Plus.
Kabel Kuning n Hijau = Negatif.


Gue lebih memilih di tekuk salah satu terminal yang kotak, dan gue solder kabelnya ke terminal itu. Penting nih untuk di SOLDER karena setelah loe tempel di blok mesin ini banyak getaran dan harus kuat bener. Kemaren ini yang menyebabkan mogok2 karena kabelnya longgar.
Oh ya, satu lagi, pemilihan kabel juga penting, cari yang bagusan, gue punya simpanan dari taun 99 hehehe.


Terminal satunya gue solder juga.

Internal koilnya gue copot, lihat panah merah buka bautnya disitu, abis itu angkat aja kalo udah ga kepake, lumayan ngirit berat beberapa ratus gram 😀

Ujung satunya juga di solder biar aman, jangan lupa kasih tanda yang mana plus minusnya.


Dah beres, ini secara keseluruhan.


Jangan lupa di lakban, pake merk yang bagus 3M beli cuman 10 ribu kok.
Sialnya yang warna item abis jadi deh pake merah, hehehe.


Satu lagi juga di lakban, dan gue bikin coakan buat kabel lewat, lihat lingkaran merah.


Pake kabel ties biar kabelnya gak lari2, lihat lingkaran merah.


Pasang karet sealnya.


Pasang kembali tutupnya.


Pasang kembali rotornya, ada yang pake sekrup, kebetulan punya gue ga pake sekrup jadi hati2 buat yang pake sekrup, jangan sampe sekrupnya longgar n copot di dalem.


Tutup distributornya terpasang kembali.

Kalo boleh kasih sedikit saran, jika loe rasa distributor, CDI, koil loe udah loe rasa lemah, mending jangan pake konfigurasi spt ini karena umur komponen2 nya lebih cepet koit.

Seputar Kaki-Kaki / Roda Mobil

tire honda civic estilo genio
Banyak diambil dari 1010tires.com dan tirerack.com.

Velg
Offset

Offset Velg

Offset Velg

Picture courtesy of tirerack.com

Offset adalah jarak dari hub mounting ke titik tengah dari velg (lihat gambar diatas)
Untuk singkatnya, jika angkanya kecil, velg akan celong keluar – nongol dari body. Jika angkanya besar velg akan masuk ke dalam. Untuk pemilihan offset di Honda Civic EG (estilo-genio) yang umum berkisar 35-42, jika diluar angka tersebut masih bisa masuk hanya harus melihat lebar velg yang akan dipasang.

Lubang Baut

Lubang Baut Velg

Lubang Baut Velg PCD 4

Lubang Baut Velg 2

Lubang Baut Velg PCD 5

Picture courtesy of tirerack.com

Untuk ukuran Civic EG adalah 4×100 artinya terdapat 4 lubang baut, dan jarak diameter dari masing2 titik tengah lubang baut adalah 100mm (lihat gambar). Bagi yang ingin pakai velg dengan ukuran berbeda (misal 5×114,3) di haruskan pakai adapter, atau rubah PCD.

Size Velg
Plus Size

Velg Plus Size

Velg Plus Size

Picture courtesy of tirerack.com

Yang dimaksud plus size adalah naek ukuran dari ukuran standar (Civic EG standar adalah 14 inch dengan ban 185/65/14 atau 185/70/14). Untuk menjaga speedometer tetap pada hitungannya, diharapkan diameter luar ban tidak terlampau jauh dari standarnya.
Perhitungannya adalah sebagai berikut:
14 inch dengan 185/65/14
14 x 25,4 = 355,6
185/65/14 tinggi dinding ban = 240.5 (cara perhitungannya nanti baca di bawah)
Total = 596,1mm

195/55/15
15 x 25,4 = 381
195/55/15 tinggi dinding ban = 214,5
Total = 595,5mm

Ukuran Velg dan lebar velg secara umum (hanya sampai 18 inch ya, ga perlu terlalu extreme)
14×5,5 inch (standar EG)
14×6 inch
15×6 inch (standar Jazz VTEC)
15×6,5 inch
15×7 inch
16×7 inch
17×7 inch
17×7,5 inch
18×7,5 inch

Penting untuk diketahui dalam pemilihan velg, pilihlah velg yang enteng, karena dengan demikian beban yang harus digerakkan oleh kaki2 menjadi ringan, ujung2 nya komponen kaki2 juga lebih awet.

Ban
Pemilihan ban lebih penting daripada velg, karena ban yang bagus akan menjamin pemakai nya selamat dari kerusakan ban dan tentunya kecelakaan.
Cara membaca ukuran ban:
185/65/14
14 tentu nya adalah diameter dalam ban (inch) yang harus sesuai dengan velg.
185 adalah lebar ban dalam mm
65 adalah profil dalam persen

Cara menghitung diameter ban:
Tinggi dinding ban = 185 x 65% = 120.25
Karena ada dua sisi (atas dan bawah) maka dikali 2 = 240,5
Ditambah diameter bagian dalam 14 inch x 25,4 = 355,6
Hasil = 596,1mm

Jadi tidaklah selalu benar kalau profil 50 pasti lebih tipis dari 55, tergantung lebar ban yang dipakai.

Baut Roda

Lug Nut

Lug Nut / Baut Roda

Picture courtesy of tirerack.com

Ada tiga jenis baut roda:
Conical, Ball, dan Flat. Yang paling umum adalah Conical. Pemilihan baut roda sangat penting karena ini yang menjaga velg tetap pada putarannya. Jangan asal pilih yang ringan, karena belum tentu kuat. Bentuk kepala baut yang salah juga akan mengakibatkan velg rusak dan tidak pas di pegang, karena itu jangan sembarangan beli baut yang murahan demi kesehatan Honda Genio n Estilonya. 😀

Honda Civic Owner Manual in Video

Tutorial untuk pemilik honda civic, estilo – genio included.. Let’s check it out

Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi EGCI n semua pengguna Honda Civic lainnya.