DIY : Cuci Filter Udara, Yuk!

Coba sharing sedikit, karena udah mulai ada beberapa yang pakai filter yang bisa dicuci, perlu diperhatikan, ini berlaku buat filter basah seperti KnN, ada juga tipe filter kering yang hanya perlu dibersihkan dengan semprotan angin. Untuk filter merk lain seperti Simota mungkin sama, silahkan di cek dengan buku petunjuk perawatannya.

Pada praktek ini menggunakan replacement filter merk K&N pada Honda Civic Genio / Estilo

Siapkan kunci nomer 8 atau pakai obeng + juga boleh, buka 4 baut di sekeliling rumah filter. Jika filter udara dalam keadaan panas, biarkan dahulu 15 menit di udara terbuka atau kira2 sampai dingin.
Image

Ini penampakannya, dan siapkan sabun khusus KnN (bisa dibeli dari penjual KnN), jika filter kelihatan kotor sekali, bisa dibersihkan lebih dahulu dengan memakai kuas halus.
Image

Semprotkan sabun secara merata dimulai dari sisi atas (lihat panah merah) baru lanjut ke sisi bawah dan biarkan 10-12 menit setelah disemprot sabun agar sabun meresap ke dalam filter udara.
Image

Semprotkan air bertekanan rendah (jangan pakai kompresor air karena akan merusak struktur filter udara), penting untuk di ingat agar arah semprotan dimulai dari sisi atas sehingga kotoran turun ke bawah bukan arah sebaliknya.
Image

Hasil kotorannya (filter dipakai +/- 2 bulan).
Image

Setelah bersih, letakan filter di tempat kering dan biarkan kering dalam suhu ruangan (di angin2 in aja). Kalo gw ditinggal tidur aja semalam :D
Image

Paginya, siapkan oli untuk melembabkan filter KnN, sekarang ini jarang dijual terpisah antara Sabun dan Oli nya, kalau dulu masih bisa beli satuan. Gw pakai minyak Power Steering Honda, jangan pakai oli mesin apalagi oli rem yang terkenal keras. Siapkan secuil spons, dan tang jepit biar tangan ga belepotan.
Untuk yang pakai oli KnN mungkin modelnya semprotan ya jadi tinggal semprot aja.
Image

Tuangkan sedikit minyak PS dan celupkan spons. Untuk oli yang model semprotan, silahkan semprot secara merata dan skip step2 dibawah ini.
Image

Oleskan secara merata dimulai dari sisi atas, dan ingat cara pengolesan sebaiknya se arah (jangan bolak balik) untuk menyapu kotoran yang tersisa. Jangan memberi oli secara berlebihan karena akan mengurangi kerja penyaringan udara (tarikan jadi berat), dan jangan juga terlalu sedikit karena akan membuat filter jadi kering, yang ujung2 nya memperpendek umur filter.
Image

Setelah dioleskan oli, pasang kembali filter, pastikan semua sisi rapat.
Image

Pasang kembali rumah filter, kencangkan dengan kunci 8 atau obeng +.
Image

Semoga membantu yah.

by art086

2 Responses to DIY : Cuci Filter Udara, Yuk!

  1. john says:

    Salam Om,
    Thanks atas sharing nya. Ada sedikit pertanyaan, di atas di sebutkan jangan melumasi filter element dengan oli mesin. Kalau boleh tau apa alasannya. Karena di tempat saya susah mendapatkan oli khusus filter, jadi saya rencananya ingin menggunakan oli mesin sebagai penggantinya.
    Terima kasioh sebelumnya 🙂

    • art086 says:

      Oli mesin terlalu kental dan cairannya juga “berat” bro. Pakai minyak power steering kalau ga ada oli khusus KnN. Kalau bisa order KnN harusnya bisa order cleaning kitnya kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *